Kesehatan

Daftar Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat rentan terhadap serangan penyakit atau berbagai kondisi yang dapat menyebabkan tubuh mereka melemah. Karena itu, seorang ibu yang hamil sangat penting untuk memperhatikan makanan yang dia konsumsi karena sangat mempengaruhi kesehatannya. Misalnya, selama kehamilan, di dalam tubuh ibu akan ada pembentukan sel darah merah untuk janin di dalam rahim. Jika ibu tidak menerima makanan yang cukup untuk pembentukan sel darah merahnya, maka ibu mungkin mengalami lebih sedikit darah. Tentunya ibu tidak menginginkan ini, kan?

Anda mungkin sudah tahu dan tahu banyak jenis makanan seperti buah, sayuran, lauk pauk dan lainnya sebagai penambah darah. Namun, ketahuilah bahwa memberi makan orang biasa dengan Ibu hamil akan cukup berbeda untuk menambah darah. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berbeda karena beberapa batasan yang harus dipatuhi. Jadi, ibu dan keluarga yang menemani harus selektif dalam menyediakan jenis makanan tertentu yang baik untuk membantu memenuhi kebutuhan darah dalam tubuh.

Sekarang bahkan ini tidak jarang bagi Ibu yang hamil dengan anemia yang merupakan kelainan karena kekurangan darah. Sebenarnya, anemia dapat diobati dengan baik melalui asupan yang baik. Ibu tidak perlu mengonsumsi obat penambah darah, justru lebih disarankan mengonsumsi makanan sehat. Ibu bisa mencoba makan buah. Selain lezat dan mengandung banyak nutrisi, buah-buahan juga tidak akan membuat Anda mual karena proporsi yang tepat.

Ada berbagai jenis buah yang dianjurkan untuk mengatasi kekurangan darah pada ibu hamil. Beberapa di antaranya dinilai dari kandungan dan nutrisi yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Selain sebagai penguat darah, tentu ada banyak manfaat dan manfaat lainnya. Nah, jika Anda ingin tahu buah apa saja yang termasuk dalam buah penguat darah khusus untuk ibu hamil, uraian di bawah ini akan memberikan penjelasan singkat. Ayo, mari kita lihat bersama.

Daftar Buah dan Sayur Pemnambah Darah untuk Ibu Hamil

1. Alpukat

Alpukat

Buah untuk Ibu hamil pertama adalah alpukat. Dari kandungan dan nutrisi yang dimiliki oleh buah ini sangat baik untuk dikonsumsi. Dimana alpukat kaya akan Vitamin C, Vitamin B, Kalium dan asam folat. Nah, berkat kandungan gizinya yang melimpah, dapat membantu Ibu hamil mengurangi mual di pagi hari, membantu perkembangan otak, jaringan bayi, saraf otak, dan meningkatkan kadar darah untuk ibu dan janin.

Satu hal yang perlu diingat para ibu adalah alpukat ini mengandung lemak tinggi. Jadi makanlah secukupnya dan jangan terlalu banyak. Misalnya, makan alpukat tidak lebih dari 1 buah per hari. Dengan demikian kesehatan ibu akan lebih terkontrol karena makan dengan porsi yang tepat.

2. Bayam

Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang paling direkomendasikan selama kehamilan. Ini karena bayam memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang tinggi. Kandungan zat besi dalam ½ cangkir bayam dapat memberikan 3-12 mg zat besi dari total kebutuhan harian 30 mg untuk Ibu hamil.

3. Mangga

Mangga

Buah yang sudah terkenal dengan khasiatnya ini memang sangat bergizi. Khusus untuk ibu yang sedang hamil juga bisa menjadikan mangga sebagai salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Dalam buah mangga terdapat kandungan yang baik seperti kalium tinggi, vitamin dan juga vitamin C. Jika kita melihat dari manfaatnya sangat beragam mulai dari kalium yang berfungsi sebagai faktor untuk menjaga tekanan darah dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.

Sedangkan untuk vitamin C, ia berperan aktif dalam menangkal radikal bebas yang juga dapat meningkatkan stamina dalam tubuh. Kemudian vitamin A adalah antioksidan dan membantu penglihatan, sistem saraf pada bayi dan juga sistem kekebalan tubuh. Yang tidak kalah penting adalah mangga juga mengandung serat yang baik untuk mencegah sembelit bagi Ibu hamil.

4. Daging merah

Daging Merah

Selain ayam, daging merah seperti daging sapi atau domba juga bisa menjadi sumber zat besi untuk mencegah anemia. Sama seperti daging ayam, Anda harus memilih bagian dari daging tanpa lemak untuk dikonsumsi. Selain mengandung zat besi dan protein tinggi, daging merah juga memiliki berbagai vitamin dan mineral seperti asam folat, vitamin A, B, D, dan, K, magnesium, kalium, selenium, dan seng.

5. Jeruk

Jeruk

Jenis buah berikut ini tidak mau kalah dengan jenis buah lain yang memiliki banyak manfaat seperti menambah darah untuk ibu hamil. Mungkin, Anda tahu lebih baik sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Terutama buah jeruk ini membantu Ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh karena hampir 90 persen buah jeruk adalah air. Ini sangat penting untuk mencegah dehidrasi dalam proses kehamilan yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan ibu. Selain itu Jeruk juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga nantinya tidak akan mudah sakit dan lelah.

6. Brokoli

Jenis sayuran hijau lainnya yang bisa menjadi penambah darah bagi Ibu hamil adalah brokoli. Semua jenis sayuran hijau pada dasarnya direkomendasikan untuk Ibu hamil karena mereka merupakan sumber asam folat dan zat besi. Brokoli juga mengandung vitamin C yang dapat membantu menyerap zat besi.

7. Semangka

Semangka

Selanjutnya buah yang baik untuk kesehatan ibu, termasuk menjaga tingkat kebutuhan darah dan cairan adalah semangka. Buah ini sangat kaya akan air. Dengan mengonsumsi semangka setidaknya akan membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, dapat menghilangkan dahaga dan memberikan asupan vitamin yang cukup seperti C, A, B6, Kalium dan magnesium. Makan semangka juga bisa menangkal mual di pagi hari. Selama trimester terakhir kehamilan juga dipercaya dapat mengurangi pembengkakan tangan dan kaki dan mencegah kram otot.

8. Kacang hijau

Makanan penambah darah untuk ibu hamil adalah kacang hijau. Sama seperti brokoli, kacang hijau juga kaya akan zat besi dan mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan. Nutrisi lain yang terkandung dalam kacang hijau adalah vitamin A, vitamin B6, kalsium, kalium, natrium, dan magenesium.

9. Melon Orange

Melon Jingga

Buah selanjutnya adalah dari sekelompok melon, terutama melon jingga. Pernah melihat atau mengkonsumsinya sebelumnya? Buah yang satu ini memiliki nama lain, yaitu jeruk melon atau blewah yang mengandung banyak nutrisi baik untuk janin maupun ibunya. Buah ini mampu menjaga darah stabil dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan jika ibu suka mual atau mulas di pagi hari, cobalah makan jeruk melon karena kandungan vitamin B-nya mampu mengatasi hal ini. Terutama bagi ibu yang sedang hamil muda yang sering mengalami masalah.

10. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan yang tepat untuk sarapan praktis dan pada saat yang sama dapat menjadi pendorong darah bagi Ibu hamil. Satu cangkir oatmeal yang dimasak dapat menambahkan kebutuhan zat besi hingga 3 miligram. Oatmela tentu juga memiliki nutrisi lain seperti vitamin A dan kalsium.

11. Ayam

Salah satu makanan penambah darah bagi ibu hamil yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah ayam. Selain kaya akan zat besi, ayam juga bisa menjadi sumber protein. Daging ayam juga mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Pilih ayam tanpa kulit yang lebih sehat untuk diproses.

12. Pisang

Pisang

Pisang berikutnya adalah nama buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena buah-buahan yang memiliki kulit kuning ketika matang telah memberikan banyak kalori dan serat yang dibutuhkan untuk energi bagi Ibu hamil. Ibu tidak akan mudah lelah dan potasium yang ada dalam pisang juga membantu menjaga tekanan darah ibu normal. Jika Anda meneliti lebih lanjut, pisang mengandung asupan gizi yang cukup dan dilaporkan mencegah ibu dari anemia selama kehamilan. Selain itu buah ini sangat mudah dicerna sehingga bisa menjadi makanan alternatif saat ibu mual atau muntah.

13. Jambu biji

Jambu biji

Sumber terbaik berikutnya adalah jambu biji. Kandungan nutrisi dalam buah ini sangat melimpah sehingga dapat memenuhi kebutuhan ibu Vitamin A, Serat, Fosfor dan Kalium. Buah ini juga bisa dikatakan sebagai alat untuk dapat mengontrol kadar gula darah dan memberikan nutrisi penambah darah dalam tubuh. Sedangkan untuk khasiat Vitamin C dan A ia memiliki sebagai antioksidan yang mampu menangkap radikal bebas yang jika dibiarkan dapat menyebabkan perkembangan janin terlambat. Jambu biji sendiri bisa dinikmati dengan makan langsung atau bisa dibuat dengan jus.

14. Blueberry dan Stroberi

Blueberry Strawbery

Mungkin buah yang satu ini tidak terlalu familiar atau biasa dikenal langsung oleh masyarakat. Buah yang termasuk dalam kelompok berry sebenarnya baik untuk kesehatan Ibu hamil. Karena, dalam buah ini terdapat Potasium, Vitamin C, dan folat yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah yang diperlukan dan untuk keseimbangan cairan dalam tubuh, transmisi saraf dan kontraksi otot. Selain itu kandungan folat dan vitamin C di dalam berry memiliki khasiat untuk dapat mencegah adanya kekurangan darah pada Ibu hamil. Berry ini juga mengandung serat untuk kepentingan kelancaran perencanaan Ibu hamil.

15. Lemon

Lemon

Jika sebelumnya itu melon, yang ini berbeda kecuali bahwa namanya agak mirip. Yup ini adalah lemon. Kandungannya hampir sama dengan buah jeruk yang memiliki banyak vitamin C dan cairan yang bisa mengatasi dehidrasi pada Ibu hamil. Lemon juga berkhasiat menjaga keseimbangan tekanan darah pada Ibu hamil dan mampu membersihkan sistem pencernaan dengan baik. Selain itu, bahan-bahan lain yang termasuk kalsium, kalium dan magnesium dapat meningkatkan pertumbuhan tulang janin di dalam rahim ibu.

16. Pir

Buah Pir

Tidak banyak yang tahu bahwa pir masih satu spesies dengan apel. Sebenarnya buah pir ini adalah buah yang baik untuk ibu hamil karena kandungan asam folatnya yang tinggi. Misalnya, kandungan kalium yang terkandung dalam pir dapat membantu dalam proses regenerasi sel di tubuh ibu dan juga calon bayi. Selain itu, buah ini juga dikenal sebagai makanan yang baik untuk melawan sembelit karena merupakan sumber serat yang baik.

17. Ikan

Konsumsi ikan selama hamil juga sangat dianjurkan. Jenis ikan yang paling direkomendasikan adalah salmon dan tuna. Ikan tidak hanya penguat darah untuk Ibu hamil, tetapi juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk pertumbuhan otak janin.

Ikan harus dikonsumsi tiga kali seminggu, untuk menghindari risiko merkuri yang terkandung dalam ikan. Hindari juga konsumsi ikan dengan kandungan merkuri tinggi, umumnya ikan besar dan lebih tua.

18. Kerang dan tiram

Jenis makanan laut lain yang juga bisa menjadi makanan penambah darah adalah kerang dan tiram. Kerang dan tiram tidak jauh berbeda dengan ikan, selain memenuhi kebutuhan zat besi, juga sangat baik untuk pertumbuhan otak janin.

19. Tahu

Penguat darah berikutnya adalah untuk mengetahui. Ya, makanan berbahan dasar kedelai ini ternyata memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan untuk mendukung produksi hemoglobin. Tahu juga merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik.

20. Kismis

Kismis dan jenis buah kering lainnya juga merupakan makanan penambah darah untuk Ibu hamil. Jenis buah kering selain kismis adalah kurma, kenari, almond, ara kering, dan banyak lagi. Buah kering ini dapat digunakan sebagai camilan alternatif atau makanan perangkap selama kehamilan.

21. Kentang

Kentang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik selain nasi. Kentang juga kaya akan zat besi. Dianjurkan konsumsi kentang selama kehamilan, tetapi juga memperhatikan pemrosesan. Hindari makan keripik kentang dan kentang goreng karena dapat menyebabkan obesitas. Kentang rebus atau kukus lebih direkomendasikan.

22. Hati

Hati sapi dan hati ayam juga bisa menjadi makanan penambah darah bagi Ibu hamil, karena kandungan zat besinya yang tinggi. Tetapi perlu diingat bahwa konsumsi hati selama kehamilan harus dibatasi paling banyak sekali seminggu. Tingginya kandungan vitamin A di hati dianggap memiliki efek buruk pada kehamilan jika dikonsumsi berlebihan.

23. Kuning telur

Telur adalah salah satu makanan ekonomis, tetapi sangat kaya akan nutrisi. Telur juga bisa menjadi salah satu sumber zat besi, terutama kuning telur. Selain baik untuk meningkatkan darah, telur juga dipercaya bagus untuk perkembangan IQ janin. Pastikan telur yang dikonsumsi direbus hingga matang, karena ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi telur mentah atau yang tidak dimasak dengan sempurna.

24. Makanan yang diperkaya zat besi

Makanan olahan seperti pasta dan sereal juga bisa menjadi makanan penambah darah bagi Ibu hamil. Pilih pasta atau sereal yang telah diperkaya dengan zat besi. Selain diperkaya dengan zat besi, makanan ini umumnya akan diperkaya dengan vitamin dan mineral lainnya.

Deskripsi di atas adalah daftar buah yang direkomendasikan untuk Ibu hamil sebagai cara untuk menambahkan darah yang paling efektif dan sehat tanpa harus minum obat. Ibu dapat memilih buah mana yang mereka suka. Ibu juga dapat mengkonsumsinya secara langsung atau bahkan mengolahnya menjadi makanan seperti jus buah, salad buah, es buah dan sebagainya. Dengan demikian tips meningkatkan darah akan lebih menyenangkan karena sang ibu juga menyukainya.

Sebagai tips tambahan untuk menjaga kesehatan ibu hamil, Anda harus memberi perhatian khusus pada pengolahan makanan ini. Misalnya, jangan lupa mencuci bahan makanan agar bersih dari kuman dan berbagai mikroorganisme yang mungkin membahayakan kehidupan janin. Aplikasi ini berlaku untuk semua jenis makanan dan bukan hanya buah-buahan. Seperti daging / produk hewani, sayuran dan sebagainya. Sekian untuk informasi ini, semoga bermanfaat dan bermanfaat.

menuju link
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button