Pengetahuan umum

Inilah Kopi Terbaik Indonesia yang Terkenal di Dunia

Anda seorang pecinta kopi? Sebenarnya, di seluruh dunia kebanyakan orang sangat menyukai minuman kopi olahan. Selain rasanya yang lezat, kopi juga mengandung kafein yang berperan aktif dalam merangsang indera dan pikiran. Dan dari segi wanginya yang begitu wangi dan khas dapat memberikan energi positif bagi otak. Ini hanya sebagian kecil dari manfaat mengonsumsi kopi. Tahukah Anda negara kita, Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam serta produsen kopi yang cukup luas di dunia. Bahkan, Indonesia sendiri telah menduduki peringkat ke-4 sebagai produsen kopi terbaik di seluruh penjuru dunia setelah Brasil. Sangat menarik bukan?

kopi terbaik indonesia

Nah, untuk jenis kopi yang ada di nusantara sebenarnya bukan hanya satu jenis yang Anda minum. Sebenarnya ada banyak varian. Dari sekian banyak kopi, memang tidak semuanya disukai oleh penikmat kopi. Ada beberapa jenis kopi yang dikatakan yang terbaik karena popularitasnya dan kualitas yang baik untuk memanjakan lidah dan relaksasi. Jadi tidak heran kita akan mengenalnya dengan istilah kopi terbaik dari Indonesia yang mendunia. Kopi akhirnya menjadi daya tarik bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

Mungkin Anda semua teman tidak tahu banyak tentang jenis kopi, bahkan jenis kopi yang Anda minum. Sekarang, sebagai penikmat minuman kopi atau mungkin makanan olahan berbasis kopi ini, Anda harus tahu jenis kopi terbaik. Siapa tahu, Anda belum pernah merasakan salah satu varian terbaik. Setiap kopi dengan banyak jenis dapat dibedakan melalui karakter rasa, tekstur, dan aroma yang unik. Ini umumnya disebabkan oleh berbagai wilayah dan kondisi lingkungan.

Karena sekarang kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Jadi, kebutuhan akan kopi juga telah didukung oleh semakin banyak restoran dan kafe yang berspesialisasi dalam menyediakan berbagai jenis kopi bahkan dengan harga yang berbeda. Biasanya ada yang bisa didapat dengan harga terjangkau hingga harga mahal. Ini biasanya dibedakan dari kualitas dan porsi pesanan. Kami sangat beruntung dapat hidup di Negara Indonesia karena sebagian besar kopi terbaik dan paling lezat di dunia tumbuh subur di Indonesia. Untuk alasan ini, berikut ini adalah kopi Indonesia terbaik yang populer di kalangan pecinta kopi di dunia. Mari kita lihat kopi seperti apa, ya?

11 Kopi Indonesia Terbaik di Dunia

1. Liberika Coffee Rangsang Meranti, Riau

Berdasarkan situs web disperin.riau.go.id, kopi Liberika dari Kepulauan Meranti telah memenangkan sertifikasi Indikator Geografis (IG), dan dinyatakan sebagai salah satu produk pertanian terbaik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional. Kopi ini sangat populer di Malaysia dan Singapura sebagai dua negara tujuan ekspor terbesar.

2. Kopi Jawa

Kopi jawa sudah dikenal dunia sejak abad ke-17. Saat itu, Belanda mulai menanam biji kopi di Pulau Jawa. Dan pada saat itu mereka menjadikannya penghasil kopi terbesar di dunia saat itu. Meskipun pada saat itu, ada banyak jenis kopi, tetapi kopi Jawa masih merupakan pilihan utama bagi pejabat tinggi dari Belanda. Kopi ini memiliki karakteristik dan karakteristik tersendiri yang membuatnya berbeda dari jenis kopi lainnya.

Jika Anda memberi perhatian khusus pada kopi Jawa memiliki aroma yang tipis seperti rempah-rempah. Tidak hanya itu, melalui proses penggilingan basah juga membuat kopi Jawa terlihat berbeda dan menarik untuk dicicipi. Sekarang, sementara untuk penghasil kopi Jawa berkualitas itu sendiri berasal dari pegunungan Ijen Banyuwangi, Jawa Timur, kopi yang dihasilkan sangat cocok untuk pecinta kopi.

3. Kopi gayo

Pernahkah Anda mendengar nama “Kopi Gayo”? Nah, jenis kopi ini adalah jenis kopi arabika yang umumnya terkenal di berbagai belahan dunia. Ya, jika Anda berjalan ke negara lain, Anda masih dapat menemukan kopi terbaik untuk yang satu ini. Kopi ini awalnya diproduksi di Aceh tengah tepatnya di dataran tinggi Gayo. Tempat ini dikenal sebagai pusat sektor perkebunan dan produksi kopi terbaik dihasilkan. Bahkan ada penelitian internasional yang mengatakan bahwa kopi arabika Gayo memiliki rasa yang paling khas dan lebih disukai jika dibandingkan dengan kopi arabika yang ditanam di tempat lain.

Kopi Gayo memiliki rasa yang sangat menarik bagi jantung dan dengan aroma yang menyenangkan yang semakin mendukungnya. Ditambah lagi tingkat keasaman lebih rendah dan memiliki kepahitan yang cukup kuat. Apakah anda tahu Kopi Gayo pernah menerima bentuk penghargaan sebagai kopi terbaik di dunia karena kesenangan dan aromanya yang unik. Kopi Gayo juga merupakan komoditas yang menjanjikan sebagai salah satu upaya pendapatan negara.

4. Kopi Flores

Dari namanya, tentu Anda bisa menebak dari mana asal kopi flores tersebut. Nah, seperti kita ketahui bersama, Wilayah Flores adalah daerah di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang begitu indah untuk penghuninya dan juga pengunjungnya. Selain keindahan alamnya, Flores juga memiliki fitur dan kelebihan lainnya. Yup, siapa tahu bahwa Flores adalah penyumbang kopi terbaik di nusantara bahkan dikenal dunia.

Yup, Dataran Ngada di Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah tempat khusus. Di mana ada tanaman kopi dapat tumbuh subur karena abu vulkanik dari gunung berapi yang memiliki pengaruh positif terhadap tanaman kopi. Memiliki aroma buah dan penambahan tembakau setelah meminumnya akan menambah kesan kopi yang satu ini.

5. Kopi Toraja

Nah, orang berikutnya yang tidak mau kalah dengan jenis kopi di atas adalah kopi Toraja. Bagi orang Toraja, mereka tentu tidak asing dengan kopi terbaik, tetapi jangan salah, tidak hanya di Toraja, tetapi juga di daerah lain dan di seluruh dunia tahu tentang kopi Toraja. Bagaimana bisa? Nah, ini semua karena rasa yang memiliki unsur bumi, unik dan khas itulah yang menjadi ciri khas kopi Toraja. Pertama kali Anda mencobanya, tentu saja Anda akan terkejut karenanya. Lidah Anda akan merasakan rasa pahit dan menghilang sebentar dan tidak meninggalkan jejak rasa pahit di lidah. Menarik bukan?

Rasa ini sangat dihargai oleh penikmat minuman kopi dalam dan luar negeri. Kopi Toraja diproduksi di Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Pegunungan Toraja. Di sana tanahnya sangat subur, dan dari sana juga dihasilkan dua kopi terbaik yaitu Kopi Arabika Toraja dan Kopi Robusta Arabika. Satu-satunya perbedaan terletak pada kafein yang diproduksi di setiap kopi Toraja.

6. Kopi Wamena

Kopi Wamena tumbuh subur di pegunungan Wamena dan kini telah menjadi salah satu produsen kopi terbaik di dunia. Ciri khasnya adalah memiliki aroma yang ringan dan aroma yang harum di setiap biji kopi yang diproduksi, ini juga merupakan karakter dari kopi wamena dan tidak ada duanya. Petani di Wamena sendiri masih menggunakan bahan organik untuk menanam biji kopi. Karena itu, Kopi Wamena akan terasa sangat orisinal, ringan tanpa ampas, wangi dan tidak sepenuhnya meninggalkan rasa asam di lidah.

7. Kopi Lanang

Selanjutnya, yang juga termasuk dalam kelas kopi terbaik dalam sejarah dan dunia adalah kopi lanang. Mendengar namanya, mungkin Anda akan sedikit terkejut dan penasaran. Sekarang, penciptaan kopi lanang ini telah ada sejak pemerintahan Belanda, dan pada saat itu juga sangat populer saat ini. Mengapa dinamai “Lanang”? Bagi Anda yang orang Jawa tentu tahu artinya. Sebenarnya pemilihan nama ini adalah karena kopi memiliki bentuk bulat, tunggal dan tidak ada belahan belahan tengah seperti jenis kopi lainnya.

Adapun kata “Lanang” ini adalah istilah yang diambil dari bahasa Jawa untuk menunjukkan bahwa ini adalah anak laki-laki. Dan ternyata khasiatnya memang bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas pria. Jadi, tentu saja kita tidak heran harga kopi lanang adalah yang paling mahal dari kopi pada umumnya.

8. Kopi Sidikalang

Selanjutnya, kopi yang sudah memiliki predikat terbaik di dunia dengan rasa yang enak adalah kopi Sidikalang. Kopi ini memiliki penggemar dari berbagai kalangan, baik dari nusantara maupun luar negeri. Tahukah Anda bahwa kopi yang satu ini memiliki kualitas yang sangat tinggi dan telah menjadi pesaing utama kopi Brasil. Sangat keren bukan? Ya, ini semua karena tekstur kopi yang paling halus di antara semua kopi di dunia. Nah, kopi Sidikalang ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menikmati waktu santai Anda. Untuk jenis kopi ini Anda bisa menemukannya di berbagai tempat di Indonesia.

9. Kopi Kintamani

Bali, selain terkenal dengan tempat-tempat yang terkenal dengan kecantikannya. Ternyata, ia juga memiliki permata tersembunyi yang merupakan kota penghasil kopi terbaik di dunia. Terutama di daerah Kintamani, Bali memiliki jenis kopi sendiri yang berbeda dari yang lain. Misalnya, Kopi Kintamani memiliki rasa yang bercampur dengan rasa buah dan tentu saja Anda tidak dapat menemukannya dengan jenis kopi lainnya.

Rasa buah yang ditemukan dalam kopi Kintamani disebabkan oleh penanaman biji kopi yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran. Istilah ini lebih akrab dengan penanaman sistem tumpangsari. Nah, terutama bagi Anda yang sangat menyukai aroma asam dan kopi segar, silakan coba Kintami Coffee.

10. Kopi Luwak

Namanya mungkin tidak asing lagi di telinga Anda. Kopi ini memang memiliki popularitas yang baik di mata pecinta kopi. Khususnya kopi ini sendiri telah menjadi lebih ditargetkan daripada orang yang Anda harapkan. Karena sekarang produksinya sangat terbatas, membuat kopi luwak langka dan sangat mahal untuk dapat mencicipi secangkir kopi luwak. Apakah anda tahu Kopi luwak diproses dengan cara yang sangat unik. Sejarahnya sudah ada sejak zaman Belanda ketika para petani tidak diizinkan untuk mencicipi kopi yang mereka tanam sendiri.

Nama luwak itu sendiri berasal dari nama luwak atau hewan luwak. Ketika para petani melihat seekor luwak memakan biji kopi, ternyata hewan ini tidak dapat mencerna biji kopi tersebut. Jadi, petani bertekanan tinggi dan ingin mencicipi kopi. Jadi, mereka rebus dan memang hasilnya rasa kopi cukup tinggi hingga sekarang. Jadi, tidak heran sampai sekarang kopi luwak adalah salah satu kopi terbaik di dunia dengan harga mahal juga.

11. Kopi Mandailing

Jenis kopi terakhir yang termasuk dalam daftar kopi terbaik sepanjang masa dari Indonesia adalah Kopi Mandailing. Kopi ini sendiri merupakan salah satu jenis kopi yang sejarahnya muncul membawa Belanda ke Indonesia sekitar tahun 1699. Pada saat itu, biji kopi mulai ditanam di wilayah Sumatera yang tepatnya terletak di Mandailing Natal, Kab. Pakanan, Sumatera Utara. Selanjutnya, kopi ini terus mengalami perkembangan pesat, terutama pada tahun 1878. Rasa kopi mandailing dengan aroma yang sangat kuat dapat membuat nama kopi ini terkenal dan sangat istimewa.

Ini adalah informasi terbaru tentang deretan nama – nama kopi favorit dari Indonesia yang sudah mendunia. Tertarik mencoba semuanya? Silakan datang dan kunjungi coffee shop berlangganan Anda dan cari tahu varian kopinya. Dengan demikian, Anda sebagai salah satu penikmat kopi yang setia dapat menikmati sensasi minuman kopi dari berbagai jenis minuman kopi. Lebih baik lagi jika Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah, Anda bisa mulai dengan memilih biji kopi, menggiling dan menyeduh sendiri. Sebenarnya itu tidak sulit, jika Anda ingin membuat kopi buatan sendiri yang lezat.

Kiat dan trik untuk membuat kopi buatan sendiri yang lezat adalah menggunakan bir yang disebut marker Coffe berkualitas. Alat ini akan menghasilkan steak kopi yang aroma dan rasanya lebih lezat. Jadi, setelah mengetahui berbagai jenis kopi yang direkomendasikan dan harus dicoba bagi pecinta kopi, Anda tidak akan salah dalam menentukan jenis kopi. Dijamin dari rasa, tekstur dan aroma akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencobanya di waktu luang Anda. Sekian untuk informasi ini, semoga bermanfaat!

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button