AndroidSmartphone

Penyebab dan Tutorial Cara Mengatasi HP yang Panas

Tutorial Cara Mengatasi HP yang panas. Salah satu masalah yang dapat mempersingkat masa pakai HP kita adalah mereka mudah menjadi panas.

Penyebab dan Tutorial Cara Mengatasi HP yang Panas
HP Panas – DWYOR.NET

Selain membuat kami tidak nyaman karena tangan terasa panas, itu juga dapat merusak HP kita. Untuk mencegah hal ini, DWYOR memiliki beberapa penyebab dan cara untuk menghadapinya, bro!
Dengan demikian, kamu dapat mengambil tindakan pencegahan agar HP tidak kepanasan.

1. Mainkan game terlalu lama

Salah satu alasan utama HP kamu memanas adalah jika kamu bermain game terlalu lama. Game berat seperti PUBG membuat kinerja GPU kamu bekerja keras.

Idealnya, kamu bisa bermain 1-2 jam saja. Setelah itu, istirahatkan HP kamu sejenak untuk mengurangi panas. Ini juga akan berguna untuk membuat baterai HP kamu bertahan lebih lama.

2. Menggunakan Aplikasi Streaming Terlalu lama

Selain bermain game, aplikasi streaming juga bisa membuat HP terasa panas saat digunakan terlalu lama. Streaming membutuhkan koneksi internet, dan membutuhkan daya yang lebih kecil.

Coba ingat, berapa jam yang kamu habiskan jika kamu menonton Youtube. terkadang kita merasa sebentar padahal sudah berjam-jam

3. Pengaturan Tidak Optimal

Coba periksa apakah pengaturan HP kamu optimal atau tidak. Bisa jadi, ada pengaturan yang membuat HP kamu cepat panas.

Misalnya, kecerahan layar terlalu terang, terlalu banyak widget, gunakan wallpaper hidup yang boros baterai, dan sebagainya.

4. Faktor Lingkungan

Salah satu penyebab HP memanas dengan cepat adalah faktor lingkungan Anda! Sebisa mungkin, hindari kontak langsung antara HP kamu dan sinar matahari.

Selain membuat HP panas, sinar matahari juga dapat menyebabkan layar sentuh kamu tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan baterai lebih cepat habis.

5. Perbarui Aplikasi dan Perangkat Lunak

Aplikasi yang memiliki bug berpotensi menyebabkan masalah pada HP Anda, termasuk menyebabkan HP panas karena mereka menggunakan prosesor yang kurang optimal.

Oleh karena itu, rajin memperbarui aplikasi karena dengan memperbarui, bug yang ditemukan dalam aplikasi sering diperbaiki oleh pengembang.

Selain pembaruan aplikasi yang kamu gunakan, ingatlah untuk selalu memperbarui sistem operasi Anda. Akan ada banyak bug yang akan diperbaiki setelah kamu memperbarui.

6. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan bersama

kamu juga perlu memeriksa berapa banyak aplikasi yang kamu jalankan sekaligus. Semakin banyak aplikasi yang kamu buka, semakin besar kemungkinan HP kamu akan menjadi panas.

Yang perlu kamu lakukan adalah menutup aplikasi yang tidak kamu gunakan. Jika kamu malas untuk menutup satu per satu, maka kamu dapat menggunakan fitur aplikasi yang jelas baru-baru ini yang selalu ada di HP merek apa pun.

7. Kualitas Baterai Buruk

Jika usia HP kamu sudah cukup tua, bisa jadi kualitas baterai sudah turun. Jika HP yang kamu miliki masih merupakan tipe lama tempat baterai dapat dilepas, sebaiknya ganti baterai baru Anda.

Baterai keluaran dari HP terbaru biasanya sudah memiliki baterai penanaman, sehingga tidak dapat diganti. Tapi kamu tenang, karena baterai pada handphone baru memiliki daya tahan lama.

8. Sinyal

Penyebab terakhir membuat HP kamu panas adalah sulitnya sinyalnya. Terutama ketika kamu memainkan game yang membutuhkan sinyal kuat, HP kamu akan cepat panas.

Lebih disukai, gunakan Wi-Fi sehingga jaringan berjalan dengan lancar dan mengurangi beban pada HP Anda. Bahkan jika tidak ada sinyal, kamu dapat menemukan lokasi di mana kamu bisa mendapatkan sinyal terbaik.

Cara Mengatasi Panas di HP yang Efektif

Setelah mengetahui penyebabnya, Jaka akan membagikan kiat-kiat hebat untuk kamu yang Smartphonenya sangat panas.

Berikut ini sepuluh cara untuk menangani HP panas cepat, yang tentunya efektif dalam mengurangi ‘demam’ pada Smartphone Anda. Baca saja cara di bawah ini.

1. Gunakan Pengisi Daya Asli (ori)

Pengisi daya asli rusak? kamu ingin menghemat uang dengan membeli pengisi daya yang lebih murah, tetapi tidak jelas asal dan kualitasnya.

Menggunakan pengisi daya apa pun sebenarnya akan merusak baterai dan Smartphone Anda, dan bahkan menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan HP cepat panas. Biasakan selalu menggunakan pengisi daya asli dan jika rusak, beli pengisi daya asli baru.

Untuk memastikan pengisi daya yang kamu gunakan asli dan memiliki aliran daya yang baik, kamu dapat menggunakan aplikasi yang disebut Ampere. Unduh melalui tautan berikut:

2. Periksa penggunaan WiFi

Fitur ini hampir selalu diaktifkan untuk kamu peminat kuota. Tidak ada yang salah dengan itu, mengaktifkan WiFi tidak akan secara langsung menyebabkan HP cepat panas.

Tetapi secara tidak langsung, aplikasi latar belakang yang secara otomatis berjalan ketika smartphone terhubung ke WiFi dapat membuat Smartphone kamu panas.

Agar wifi kamu tidak berjalan terus-menerus, kamu dapat menggunakan aplikasi yang disebut Smart Wifi atau Wifi Sleeper.

3. Matikan Bluetooth dan GPS

Dua fitur ini termasuk yang jarang kita perhatikan. Banyak pengguna HP pintar membiarkan Bluetooth dan GPS tetap menyala meskipun mereka berada dalam posisi yang tidak digunakan dan dibutuhkan.

Kedua fitur ini dapat menyebabkan HP memanas dengan cepat. Pastikan kamu mematikan kedua fitur ini jika tidak lagi diperlukan.

4. Kurangi Multi-tasking

Spesifikasi smartphone yang lebih saleh memang menawarkan kinerja yang baik untuk multi-tasking. Meski begitu, kamu tetap harus menjaga suhu Smartphone kamu saat melakukan berbagai pekerjaan sekaligus.

Banyaknya aplikasi aktif yang kamu gunakan bersama, belum lagi menambahkan aplikasi latar belakang yang terus berjalan, tentu saja akan menyebabkan HP cepat panas.

Salah satu aplikasi terbaik untuk mengurangi multi-tasking, yaitu Hibernaor. Aplikasi ini terbukti efektif sebagai cara untuk menangani HP dengan cepat panas, unduh melalui tautan berikut:

5. Istirahatkan Smartphone dari Streaming atau Nonstop Gaming

kamu benar-benar tidak melakukan multi-tasking, tetapi hanya melakukan satu aktivitas pada smartphone. Misalnya, suka streaming atau main game.

Meski hanya ada satu aktivitas, tetapi baik streaming maupun gaming sebenarnya sama, itu akan membuat HP cepat memanas jika dilakukan terus menerus atau nonstop.

Ketahui batas waktu penggunaan smartphone, terutama untuk dua aktivitas di atas.

6. Periksa Kondisi Baterai

kamu tidak merasa ingin melakukan apa pun, alias tidak memaksa smartphone melakukan aktivitas yang berat, tetapi HP masih cepat panas. kamu perlu memeriksa kondisi baterai pada Smartphone Anda.

Daya tahan baterai yang lama dan kondisi yang ketinggalan zaman (seperti gambar di atas) tentu menjadi faktor yang membuat Smartphone kamu cepat panas. Ganti baterai segera dengan yang baru.

Salah satu aplikasi terbaik yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai adalah CurrentWidget: Battery Monitor.

7. Perhatikan ‘Ventilasi’

Mayoritas orang selalu membawa smartphone mereka ke mana pun mereka pergi. Tidak sedikit dari mereka memasukkannya ke dalam tas atau bahkan jeans super ketat.

Awas! Ini dapat membuat HP panas lebih cepat dan secara otomatis memperlambat kinerja smartphone itu sendiri.

Jika kamu meletakkan Smartphone di tempat tertutup, cobalah untuk mengeluarkannya sesekali untuk memberikan ‘udara segar’.

8. Hindari dari air

Satu hal ini tidak perlu diimbau, kecuali Smartphone kamu tahan air.

Bagi mereka yang HPnya tidak kuat dengan air, hindari menggunakannya di tempat-tempat yang cenderung basah seperti kamar mandi, kolam renang atau pantai.

Air dalam julah cukup banyak, yang bisa menjadi salah satu penyebab panas HP dengan cepat.

9. Hapus File Sampah

Semua file sampah, cache, dan cookie yang telah sangat tumpang tindih juga merupakan salah satu alasan mengapa HP panas.

Tiga hal di atas akan berdampak langsung pada CPU dan RAM yang nantinya akan memicu suhu Smartphone agar cepat panas.

Karena alasan ini, secara rutin hapus file, cache, dan cookie yang tidak diperlukan atau telah terakumulasi.

Agar tidak repot saat menghapus file sampah, kamu juga bisa menggunakan aplikasi bernama Clean Master. Aplikasi ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk menangani HP panas, unduh melalui tautan berikut:

10. Gunakan Aplikasi ‘Pendinginan’

Itu tidak lengkap jika kamu belum mengandalkan aplikasi. Untuk cara menangani HP yang panas dengan cepat, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi untuk mengatasi Hp Cepat Panas: Cooler Master, Cooling Master atau Device Coole

11. Jauhkan dari suhu panas

Ini adalah contoh lain dari sumber eksternal yang dapat membuat HP menjadi lebih cepat panas. Dengan suhu panas, biasanya semua akan mengikuti panas, termasuk HP Android. Saran, hindari tempat-tempat bersuhu panas seperti dekat tv, terkena sinar matahari langsung, dekat oven, dan lainnya

12. Durasi Penggunaan

Durasi menggunakan HP sangat berpengaruh bagi kesehatan HP dan mata Anda. Cobalah untuk tidak berlama-lama menggunakan HP Android Anda, dan istirahatkan HP kamu jika sudah panas karena lama digunakan

menuju link
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button