Kesehatan

10 Penyebab dan Cara Memutihkan Mata Merah

Cara Memutihkan Mata Merah – Mata merah adalah kondisi yang bisa membuat kita tidak percaya diri. Beberapa bahkan mungkin enggan meninggalkan rumah karena hal ini. Mata merah itu sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya terkena debu atau kotoran, kurang tidur, sering menggosok mata, gejala penyakit tertentu dan lainnya. Nah, jika Anda telah mengontrak mata merah ini, tentu saja Anda akan merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Sebenarnya ada beberapa cara efektif untuk menangani mata merah secara alami dengan mudah dan ini lebih efektif daripada obat dokter. Katakan saja ini adalah tip untuk membersihkan mata tanpa efek samping karena menggunakan perawatan alami.

Seperti kita ketahui, mata adalah salah satu anggota tubuh yang paling penting. Dan jika mata terganggu maka akan mempengaruhi kualitas penglihatan kita. Kita dapat melihat mata yang sehat dari warna dan fungsi untuk melihatnya. Meskipun mata merah lebih umum dan tidak terlalu khawatir, Anda harus selalu memperhatikannya. Menutupi setiap faktor mata menjadi merah, apa yang memicu mata menjadi merah dan kemudian mencari solusi untuk mengatasi mata merah.

Saat ini, perawatan alami selalu lebih direkomendasikan dibandingkan dengan obat kimia khusus untuk mata merah. Dokter dan ahli di bidang ini juga menganggap hal yang sama. Nah, untuk cara dan trik apa yang bisa Anda lakukan untuk bisa memutihkan mata Anda lagi? Jika Anda baru saja mengalami nama dengan mata merah atau mata kuning, jangan khawatir. Anda tidak perlu ke dokter atau membayar sejumlah uang yang mahal. Karena pada dasarnya perawatan alami, yang merupakan bahan dari alam, sangat mudah diperoleh dan dengan harga murah.

Anda dapat langsung menggunakan bahan-bahan alami ini secara kreatif menggunakan beberapa metode tepercaya. Bukan tanpa hasil, kebanyakan orang yang mengalami masalah serupa juga telah berhasil mengatasinya dengan persentase 100% berhasil tanpa syarat. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Nah, oleh karena itu, sebagai berikut di bawah ini, Anda telah memberikan ulasan informasi singkat tapi lengkap yang harus Anda coba dan ketahui. Setidaknya ada cara yang lebih alami, Anda dapat mencoba dan memilih salah satu yang terasa terbaik. Segera dengarkan.

Berbagai penyebab mata merah:

1. Konjungtivitis

Konjungtivitis atau juga disebut mata merah muda adalah infeksi mata yang paling umum dan menular. Kondisi ini terjadi ketika konjungtiva, yaitu selaput transparan yang menutupi bola mata dan bagian dalam kelopak mata terinfeksi. Ini membuat pembuluh darah di mata menjadi teriritasi dan bengkak, membuat mata terlihat kemerahan.

Karena konjungtivitas menular, Anda harus mendapatkan perawatan sedini mungkin untuk menghindari penularan ke orang lain.

2. Mata kering

Sindrom mata kering terjadi ketika kelenjar air mata tidak menghasilkan cukup cairan mata, baik dari segi kuantitas maupun kualitas, untuk melumasi mata Anda. Akibatnya, ini membuat mata Anda kering dan iritasi sehingga terlihat merah.

Anda dapat memberikan tetes mata atau air mata buatan setiap 2-3 jam atau sesuai dengan saran yang tercetak pada kemasan, untuk membantu meringankan kondisi ini.

3. Alergi

Mata merah sering disebut sebagai mata alergi. Ini terjadi karena reaksi umum terhadap alergi adalah mata merah. Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap zat asing, seperti debu, serbuk sari, rambut hewan, bahan kimia tertentu dalam makeup atau solusi lensa kontak, tubuh Anda secara alami melepaskan histamin dalam upaya untuk melawan penyebab alergen. Akibatnya, histamin menyebabkan pembuluh darah membesar untuk membuat mata Anda merah dan berair.

Menghindari apa pun yang dapat memicu alergi dan mengonsumsi obat antihistamin dapat membantu meringankan reaksi alergi yang Anda alami.

4. Mata lelah

Terlalu lama menatap layar monitor, TV, atau ponsel akan membuat Anda tanpa sadar jarang berkedip. Bahkan, berkedip adalah salah satu cara alami untuk melembabkan mata Anda sehingga dapat mencegah mata kering dan merah.

Untuk mengurangi risiko kelelahan mata karena terus-menerus fokus pada layar komputer, Anda dapat menggunakan kacamata anti-radiasi yang dirancang khusus untuk melindungi mata dari paparan cahaya komputer dan menerapkan aturan 20-20-20.

Aturan 20-20-20 merekomendasikan Anda untuk berpaling dari layar setiap 20 menit dan mengistirahatkan mata Anda selama 20 detik dengan melihat benda-benda yang berjarak sekitar 20 kaki (6 meter) jauhnya. Jika perlu, Anda juga bisa menjatuhkan obat mata atau air mata buatan untuk melembabkan mata Anda.

5. Cedera pada mata

Trauma atau cedera pada mata yang disebabkan oleh kecelakaan, terpapar benda asing atau bahan kimia, operasi baru, goresan kecil yang menyebabkan lecet, atau luka bakar juga bisa menjadi penyebab mata merah.

Ini terjadi karena pembuluh darah di mata Anda melebar untuk mengalirkan lebih banyak darah ke lokasi cedera sehingga proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat. Pelebaran atau terkadang kerusakan pembuluh darah di mata inilah yang menyebabkan mata Anda tampak kemerahan.

Itulah sebabnya, jika ada benda asing yang secara tidak sengaja masuk dan melukai mata, segera temui dokter sehingga Anda mendapatkan perawatan medis sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Kondisi medis tertentu

Terlepas dari berbagai penyebab yang disebutkan di atas, kemerahan mata kadang-kadang dapat menunjukkan penyakit mata yang lebih serius, seperti uveitis atau glaukoma. Itu sebabnya, jika mata merah Anda terus berlanjut atau bahkan memburuk, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosa dan perawatan yang tepat.

10 cara ampuh untuk memutihkan mata merah secara alami

1. Air rebusan daun Sirih

Daun Sirih

Daun sirih adalah salah satu bahan alami yang tepat untuk mengobati mata merah. Metode ini cukup mudah dan sederhana di mana Anda hanya membutuhkan tiga lembar daun sirih dan mencucinya terlebih dahulu. Setelah Anda merasa daun sirih sudah bersih, rebus daunnya bersama air sampai mendidih, lalu angkat dan dinginkan. Saat dingin, saring rebusan dengan saringan teh dan ambil jus bening. Langkah terakhir adalah mencuci mata atau bisa menetes seperti tetes mata. Meski rasanya pedih, namun khasiatnya baik bila digunakan dengan takaran yang tepat. Jadi jangan terlalu sering menggunakannya, karena kelebihannya bisa berbahaya.

2. Kompres dengan air hangat

Kompress air hangat

Metode paling umum berikutnya adalah menggunakan air hangat. Anda pasti sudah sering mendengarnya, bukan? Mengompres mata dengan air hangat dapat mengurangi mata merah dan guratan. Metode ini cukup sederhana di mana Anda hanya perlu mengompres di daerah yang terkena. Seperti biasa, jangan lupa untuk membersihkan mata Anda terlebih dahulu sebelum mengompres. Metode ini biasanya digunakan untuk mengobati mata merah ringan yang dapat menenangkan dan mengurangi sirkulasi. Jadi Anda bisa menambahkannya sebagai cara alternatif berurusan dengan mata merah atau bahkan mata kuning.

3. Gunakan irisan mentimun

Irisan mentimun

Mentimun biasanya digunakan untuk aditif acar, minuman buatan atau bahkan dimakan langsung dan menyegarkan. Sensasi segar ternyata sempurna untuk mengatasi mata merah Anda. Ini juga membantu membuat mata Anda lebih rileks dan tenang. Bagaimana Anda menerapkannya? Cukup mudah dan tidak rumit, Anda cukup mengiris mentimun dan mengirisnya. Anti-bakteri dalam buah mentimun sangat membantu dalam mengurangi gejala sakit mata Anda.

4. Kompres dengan Susu Murni

Kompress Susu Murni

Jika orang biasanya menganggap susu murni hanya dapat digunakan sebagai minuman sehat, ternyata manfaatnya juga baik untuk membersihkan mata. Bagaimana bisa? Sangat mudah, seperti cara mengompres secara umum, Anda hanya perlu menggunakan kapas dan mengompresnya di area yang terkena. Setelah itu, tunggu beberapa saat, lalu lakukan metode ini secara teratur untuk mengurangi manfaat mata merah. Setelah Anda merasa lebih baik dan kembali normal, Anda dapat mulai menghentikannya.

5. Mengurangi penggunaan Obat Mata (tetes)

Obat tetes mata

Jika mata merah atau mata gatal, kebanyakan orang selalu menganggap solusi terbaik adalah menggunakan obat tetes mata untuk menyembuhkan. Apakah itu benar? Sebenarnya, penggunaan obat tetes mata jika dilakukan terus menerus akan memiliki efek buruk pada kesehatan mata. Jika Anda ingin tetap menggunakan obat, akan lebih baik sesuai dengan saran dan resep dokter Anda. Anda juga perlu berhati-hati ketika memilih satu jenis obat mata. Obat mata tidak boleh mengandung Antibiotik, kortikosteroid atau obat pemutih yang tidak hati-hati. Yang terbaik adalah pergi ke dokter dan meminta obat yang tepat.

6. Bersihkan mata Anda dengan Air Mawar

Bunga mawar

Cara yang satu ini sepertinya tidak populer di telinga kita ya? Tapi tahukah Anda? Penggunaan mawar ini sendiri memiliki manfaat untuk dapat menyembuhkan mata Anda. Metode ini bahkan relatif mudah dan tidak sulit sama sekali, jadi Anda hanya perlu memasukkan mawar ke dalam air dan kemudian cukup bersihkan mata Anda dengan air mawar. Sangat mudah bukan? Untuk metode yang satu ini, Anda perlu melakukannya tiga kali sehari.

7. Kompres dengan Jus Kentang

Kentang

Selanjutnya adalah cara yang tidak ingin efektif. Mungkin menurut Anda menggunakan metode yang satu ini sangat disayangkan ya? Karena ramuannya diambil dari jus kentang. Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa kentang memiliki peran penting dalam mengurangi gejala rasa sakit bahkan untuk mata merah. Bagaimana bisa? Mudah saja, Anda hanya perlu mencuci kentang, mengupasnya, lalu memarutnya. Dengan cara lain, Anda bisa mencampurkannya jika Anda tidak ingin lelah atau lama kisi. Setelah semuanya lancar, maka sediakan kain untuk membungkusnya. Nah, pada paket Anda dapat menggunakannya untuk kompres hanya beberapa menit. Lalu, langkah terakhir adalah membersihkan area mata Anda dengan air bersih.

8. Gunakan Patikan Kebo Leaf Gum

Daun patikan kebo

Mendengar namanya mungkin Anda sudah bingung, tanaman seperti apa Anda? Dan di mana kita bisa mencarinya? Ya, sering di beberapa daerah tanaman ini terkenal dan di daerah lain tidak mengetahuinya sama sekali, meskipun sifat asing dapat mengobati penyakit mata. Hanya dengan menggunakan setidaknya tiga batang daun, getahnya dapat diambil dan kemudian dioleskan pada bagian yang sakit, Anda dapat menemukan satu cara untuk mengurangi mata merah. Dengan perawatan alami yang cukup dilakukan dua kali sehari, Anda akan dapat merasakan manfaatnya.

9. Mengusap dengan Madu Asli

Madu Murni

Anda harus terbiasa dengan beragam manfaat madu, termasuk membersihkan bola mata Anda karena mata merah atau guratan. Metode aplikasinya sangat mudah, di mana Anda hanya perlu memilih dan menggunakan jenis madu asli, bukan buatan dalam proses perawatan alami. Cara utama untuk mengobatinya adalah dengan menggosoknya menggunakan kapas yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Jangan lupa sebelum melakukan itu, bersihkan mata Anda terlebih dahulu agar kotoran dapat dihilangkan secara optimal.

10. Oleskan potongan Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih, selain dikenal sebagai bumbu masakan, juga memiliki manfaat untuk mengobati, dilaporkan dari berbagai fungsinya. Tak heran bawang putih juga digolongkan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit. Khusus untuk sakit mata merah, beberapa orang sudah membuktikannya. Proses perawatannya sangat mudah dan sederhana, Anda cukup mengambil bawang putih di dapur kemudian mengupas kulitnya dan mencucinya hingga benar-benar bersih.

Setelah itu keringkan sebentar dan gunakan handuk bersih. Kemudian, potong bagian bawang putih dan oleskan ke area kelopak mata Anda. Meskipun butuh waktu lama untuk sakit dan meneteskan air mata, cukup oleskan hingga 2 kali tidak lebih. Menggunakan perawatan yang satu ini memang akan sangat mengganggu aktivitas Anda karena terasa sakit, jadi Anda harus melakukannya saat hendak tidur.

Baca artikel lainnya di blog kesehatan : KaryaTekno.Me

Artikel di atas adalah beberapa jenis perawatan yang paling efektif untuk mengobati penyakit mata merah. Apakah itu berfungsi atau tidak tidak dapat dibuktikan jika Anda belum mencobanya. Pilih salah satu metode yang paling Anda minati, yang merupakan bahan paling mudah ditemukan, atau cara termudah untuk menerapkannya sehingga tidak akan mengganggu Anda, tetapi dapat secara efisien memberikan manfaat besar. Jika Anda telah mencoba berbagai metode praktis, tetapi tidak ada hasilnya, silakan periksa lebih lanjut dengan dokter favorit Anda.

Penyakit mata merah juga sering merupakan gejala dari penyakit lain. Karena itu, bisa menjadi faktor penyebab penyakit lain ini, sehingga mata merah bisa sembuh jika penyakitnya juga membaik atau sembuh. Jika dalam waktu beberapa minggu, itu belum menunjukkan kemajuan, Anda harus memastikan bahwa penyebab dan pemicu mata merah sudah benar. Begitu banyak informasi yang diberikan. Semoga informasi tentang kesehatan mata ini dapat membantu teman Anda.

menuju link
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button